Waiting List 5. 017. 000 Orang, Soal Dana Haji Rp150 Trilyun, Menko PMK: Saya Jamin Aman

TABLOIDBINTANG. COM –┬áMelalui Kementerian Agama Pemerintah menetapkan tidak memberangkatkan calon perhimpunan haji Indonesia tahun 1442 H/2021 M. Ini tarikh kedua tidak adanya keberangkatan haji di masa pandemi. Keputusan membuat daftar tunggu calon jamaah haji menjelma lebih lama. Sebagaimana penjelasan Ketua BPKH, Anggito Abimanyu, jumlah waiting list bohlam hari ini sudah menyentuh 5. 017. 000 orang.

Jika bagi tahun kuota haji Nusantara tetap 220. 000 karakter, setidaknya memerlukan waktu 22 tahun. Tapi sekali sedang peniadaan pelaksanaan haji tarikh ini harus dilihat jadi ihtiar untuk menjaga kesejahteraan para calon jemaah haji.

Menko PMK sudah mendapatkan penjelasan terpaut pengelolaan keuangan haji. Sedekah calon jemaah haji had hari ini mencapai Rp150 Trilyun dan dikelola secara sangat baik. Ada kelompok yang mempertanyakan keberadaan dana haji yang selama itu telah disetorkan. Ada kabar yang menyebut dana haji digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Dalam buram memastikan kabar tersebut, Gajah Koordinator Bidang Pembangunan Pribadi dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengunjungi Kantor Badan Manajer Keuangan Haji (BPKH), di Menara Bidakara 1, Jakarta Selatan, Jumat (4/6) berantakan. “Di samping bersilaturahmi tentu saja juga ingin meneliti seluk beluk pengelolaan sokongan haji yang ada di sini, ” ujarnya sudah kunjungan.

Sebab kunjungannya itu dan mencermati laporan yang disampaikan Besar BPKH, Menko PMK membenarkan pengelolaan dana haji oleh BPKH telah berjalan secara sangat baik. “Bisa kita pastikan bahwa pengelolaan sokongan haji dilaksanakan dengan benar profesional, prudent, penuh kehati-hatian dan semuanya aman. ”

Muhadjir mengisbatkan, kabar miring yang beredar di masyarakat terkait pengelolaan dana haji sepenuhnya tak benar. BPKH, katanya, merupakan badan yang independen & profesional yang tidak bisa dicampuri siapapun. “Tidak tersedia namanya isu-isu seperti yang berkembang di masyarakat. Artinya apa? Dana haji aku jamin aman, ” tegasnya.

Sumber: kemenkopmk. go. id