Tersedia Adegan Merokok dan Tarian Sensual, KPI Tegur Program ANTV Ini

TABLOIDBINTANG. COM – Program Siaran Om Shanti Om ANTV mendapat Sanksi teguran terekam dari KPI (Komisi Pancaran Indonesia). Film drama berklasifikasi R13+ ini ditemukan menatangkan adegan yang melanggar Patokan Perilaku Penyiaran dan Kaki Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012, seperti dijelaskan dalam surat teguran tercatat KPI yang telah disampaikan ke ANTV, Kamis (27/5).

Pelanggaran terlihat pada pukul 08. 20 WIB, yakni berupa penggambaran seorang pria yang sedangkan memegang dan menghisap cerutu. Pada pukul 08. 43 WIB terdapat beberapa perempuan penari latar yang menggoyangkan bagian pinggul dengan pakaian yang hanya menutupi bagian dada serta celana kurang dan ketat memperlihatkan ceduk tubuh. Meski telah dikerjakan penyamaran, masih memperlihatkan bagian tubuh yang terbuka kelanjutan pakaian minim.

Wakil Ketua KPI Was-was, Mulyo Hadi Purnomo, mengutarakan pelanggaran ini telah melanggar 10 (sepuluh) pasal di P3SPS yang meliputi ketentuan tentang kewajiban menghormati nilai dan norma kesopanan mengikuti kesusilaan, perlindungan anak di siaran dan pelarangan serta pembatasan program terkait isi rokok.

Kalender siaran dengan klasifikasi R13+ mestinya cermat dalam quality control kemungkinan terjadinya pengingkaran. Pemahaman terhadap aturan penyiaran khususnya Pasal 21 Bagian (1) Pedoman Perilaku Pancaran harus benar-benar utuh dan jelas.

“Program dengan klasifikasi R sewajibnya mengandung muatan, gaya mengarang dan tampilan yang sebati dengan perkembangan psikologis cukup umur, ” katanya.

Mulyo meminta ANTV buat memperhatikan aturan terkait penyekatan muatan rokok dalam pancaran. Ada dua pasal yakni Pasal 18 di P3 dan Pasal 27 Ayat (2) huruf a SPS.

Sumber: KPI. go. id