Ternyata Tidur Siang Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar!

Rebah siang terbukti dapat mengurangi mengalami lelah dan meningkatkan konsentrasi. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM – Siang hari adalah waktunya mengantuk suntuk. Setelah lelah beraktivitas, ditambah hasil dari makan siang, badan terasa sangat lelah dan lemas. Agaknya seperti tak kuat melanjutkan aktivitas.

Jangan tergantung pada kebiasaan minum kopi untuk mengatasinya. Toh, enggak ada salahnya jika kita beristirahat dengan tidur siang sejenak. Tidur siang terbukti dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Sayangnya, beberapa orang sering merasa pusing ketika bentuk dari tidur siang. Bukannya siap segar, kita tambah malas serta lesu. Ternyata, tidur siang sungguh enggak bisa sembarangan dilakukan. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah saat awak benar-benar sedang dalam kondisi mengenai dan butuh istirahat sejenak.

Namun jam yang tepat untuk terbaring siang menurut jam biologis pribadi adalah sekitar pukul 14. 00 sampai 16. 00. Karena dalam rentang waktu ini, temperatur tubuh menurun dan kita biasanya ngerasa lemas, kemampuan gerak melambat, serta merasa ngantuk.

Buat mengembalikan kesegaran tubuh, kita cuma perlu tidur selama 20-30 menit. Hal ini sesuai dengan studi Dr. Charles Morin, profesor dunia psikologi di Laval University dan anggota riset mengenai masalah tidur di Kanada.

Zaman tersebut pas, cukup untuk mendirikan stamina kembali segar. Lebih daripada waktu tersebut, malah akan menyebabkan inersia tidur atau rasa pening setelah terbangun dari tidur.

Jangan lupa kalau tidur siang berbeda dengan tidur malam, tidur siang hanya tambahan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Kesibukan ini juga tidak dianjurkan buat dilakukan setiap hari, kecuali bila kita benar-benar butuh istirahat, mengenai dan kelelahan. Jadi, jangan asal tidur siang ya!

Rekomendasi