Oleh karena itu Profesi Impian, Ini Juru bicara dan Aplikasi yang Musti Dimiliki YouTuber

Profesi vloger menjadi pekerjaan impian generasi muda saat itu. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM – Tidak harus menjadi artis untuk bisa terkenal. Dengan medsos seperti YouTube, Anda mampu dikenal khalayak. Profesi vloger menjadi pekerjaan impian tingkatan muda saat ini. Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dari konten yang menarik hingga kemasan video yang ciamik. Vloger kecantikan, Rachel Goddard, menjelaskan, untuk menghasilkan video yang menarik Anda harus memiliki beberapa perangkat berikut ini.

Tustel DSLR atau mirrorless

DSLR dan mirrorless, jenis kamera yang paling banyak dipakai para vloger Indonesia saat ini. Rachel mengulas, kualitas bidikan kamera DSLR dan mirrorless cakap dengan harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bahan videografi profesional. Jika Kamu pemula, YouTuber yang mempunyai 1, 5 juta akun berlangganan itu menyarankan untuk menggunakan mirrorless karena nilai fitur videonya bagus. Selain mudah dioperasikan, bentuk tustel mirrorless yang lebih kecil membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

“Kalau belum punya kamera DSLR atau mirrorless, Anda mampu memakai kamera ponsel pandai. Sekarang banyak ponsel yang dilengkapi kamera canggih apalagi, ada yang sampai puluhan megapiksel. Kalau bujet terpatok, beli kamera seken serupa boleh. Saya dulu serupa beli kamera seken seharga 3 juta rupiah, ” ujar Rachel.

Rachel Goddard (Dok tabloidbintang. com)

Ring light

Yang perlu diperhatikan dalam merekam video, kualitas pencahayaan yang tertib. Ring light disebut lampu ajaib oleh para vloger karena menghasilkan pencahayaan yang memadai. Rachel menggemari ring light karena bentuknya golongan sehingga penerangan untuk objek bagian tengah netral tatkala bagian tepi yang terpapar sinar tampak lebih benar. Pencahayaan semacam ini benar bagus untuk syuting dalam ruangan.

“Kalau belum punya ring light , kita, kan tinggal di Indonesia yang sinar mataharinya sangat bagus. Anda bisa memanfaatkan sinar matahari jadi pencahayaan alami saat merekam video. Carilah tempat yang mendapat sinar matahari. Di depan jendela, misalnya. Kamu bisa merekam video dalam situ, ” Rachel meluluskan saran.

Tripod

Tripod berguna untuk menopang dan menstabilkan pergerakan tustel sehingga risiko rekaman goyang bisa diminimalkan. “Agar video Anda lebih enak dilihat, enggak goyang, atau enggak stabil, gunakan tripod. Saat ini banyak model tripod daripada yang kecil sampai besar dengan harga bervariasi. Kamu bisa memilih yang tripod yang kecil, letakkan di meja saat hendak merekam video, ” terang putri berkulit sawo matang ini.

Kartu sejarah

“Ini benda kecil tapi jika ketinggalan bisa bikin para-para vloger kalang kabut. Rekaman video yang kualitasnya cakap pasti butuh banyak bagian penyimpanan. Karenanya, saya sarankan memilih kartu memori berkapasitas besar. Kalau bisa jangan cuma satu. Minimal dua. Kalau kartu memori yang satu penuh, Anda enggak perlu repot memindahkan datanya dulu ke laptop ataupun menghapus video lama, ” Rachel mengingatkan.

Aplikasi sunting video

Setelah konten video direkam, saatnya untuk menyunting dan mengunggahnya di YouTube. Untuk itu, Anda harus menyiapkan laptop yang dilengkapi aplikasi koreksi video. Selain konten memikat, penyutingan video yang teliti dan tampak profesional mau lebih digemari warganet. “Dulu waktu masih menyunting gambar sendiri, saya menggunakan penerapan VideoPad dan Windows Movie Maker. Keduanya sangat barangkali dioperasikan. Untuk para jalan, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, menghormati gambar ikon setiap video yang kalian unggah. Kalian bisa menggunakan aplikasi penyunting gambar seperti Canva buat mengedit gambar yang menarik perhatian khalayak, ” pungkasnya.

Rekomendasi