Macam Sayuran yang Lebih Baik Jika Dimakan Secara Mentah

Bicara tentang makanan sehat, kita harus getol mengonsumsi sayuran. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM –¬†UNTUK memiliki tubuh sehat, kita tentunya harus menerapkan pola hidup sehat. Bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga.

Bicara tentang makanan sehat, kita harus rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Selain mengandung begitu penuh nutrisi yang baik bagi awak, sayur dan buah juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Berbeda dengan buah yang biasa kita makan tanpa diolah, kebanyakan dari kita lebih kerap mengolah sayur-sayuran yang akan kita konsumsi.

Padahal, banyak sayuran dengan baik dimakan mentah tanpa harus melewati proses masak-memasak yang lazimnya meliputi proses pemanasan. Mengapa serupa itu? Ternyata, banyak zat yang terkandung di dalam sayuran yang bakal rusak atau berkurang bila melalui proses pemanasan.

Ada beberapa jenis sayuran yang malah lebih baik dimakan dalam keadaan mentah guna mempertahankan nilai gizinya.

Namun, ada pula yang berbahaya jika dimakan pada keadaan mentah. Untuk itulah Anda perlu mengetahui sayuran apa yang baik dikonsumsi secara mentah.

1. Bit

Sayuran berbentuk umbi dengan warna merah ini sugih karbohidrat yang mudah menjadi energi dan zat besi yang positif darah mengangkut oksigen ke penggagas. Walaupun kaya karbohidrat, bit berkalori rendah. Itulah mengapa bit elok dikonsumsi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.
Mempunyai banyak kandungan penting seperti masam folat, magnesium, vitamin C, kalium, dan masih banyak lagi, pokok lebih baik bila dikonsumsi secara mentah. Mengapa demikian? Karena kandungan asam folat di dalamnya ternyata akan hilang hingga seperempatnya bila melalui proses pemanasan terlebih awal. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa saja menjadikannya side dish yang dimakan mentah seperti lalapan atau mampu juga menambahkannya ke salad sayuran.

2. Brokoli

Sayuran muda yang renyah bila digigit ini kandungan gizinya sangat tinggi. Di dalamnya terkandung berbagai jenis vitamin, kalsium, kalori, zat besi serta antioksidan yang membantu mencegah aib kanker. Serat pada brokoli pula mampu mengendalikan penumpukan kolesterol di dalam tubuh.
Brokoli baik dimakan secara mentah karena kandungan enzim mirosinase di dalamnya tidak rajin lagi bila terkena panas. Tatkala itu, enzim itu sangatlah istimewa untuk membersihkan hati dari zat-zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

3. Paprika

Sayuran yang sering disebut cabai raksasa tersebut terkenal memiliki senyawa bermanfaat sesuai mengandung vitamin C dan vitamin A dalam jumlah tinggi, yang baik ketika masih segar. Dimasak dengan panas tinggi dapat merusak kandungan vitaminnya. Paprika juga mengandung senyawa likopen yang membantu menyandarkan risiko kanker. Kandungan vitamin C dalam paprika pun lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

Mengonsumsi paprika dapat membantu memacu metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Juga bisa mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan menghalangi gangguan alat cerna. Nah, utama lagi sayuran yang baik buat diet Anda!

4. Kubis

Kubis atau kol yang segar alias mentah mengandung vitamin C dan K yang tinggi. Ada pula vitamin B9, mangan, serta serat yang sangat baik di dalamnya. Kubis lebih baik masa dimakan mentah atau dimasak sebentar dengan api kecil karena kandungan vitaminnya dapat rusak bila tersentuh panas tinggi. Akan lebih tertib bila Anda mengonsumsi kubis yang berwarna ungu, karena kubis ungu mengandung antioksidan enam kali bertambah tinggi daripada kubis yang natural berwarna putih kehijauan.

5. Bawang

Bawang, terutama bawang merah, terkenal akan khasiatnya dalam melayani penyakit kanker dan berbagai aib berbahaya lainnya. Bawang memiliki banyak kandungan baik seperti vitamin, asam folat, magnesium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, bawang abang kita gunakan sebagai bumbu dalam masakan. Namun, bawang selalu dapat kita makan secara anom, kok. Campurkan saja potongan-potongan bawang dalam makanan Anda, terutama makanan yang berkuah. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah agung, kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung, lo!

Rekomendasi