Langkah-langkah Mencegah Gangguan Tenggorokan Selama Pertarakan Ramadhan

Langkah-langkah Mencegah Gangguan Tenggorokan Selama Puasa Ramadhan

Ilustrasi (depositphotos. com)

TABLOIDBINTANG. COM – Selama berpuasa, kondisi mulut kita menjelma lebih asam karena produksi iler berkurang drastis. Padahal, saliva ataupun kelenjar ludah merupakan antiseptik alamiah yang diproduksi oleh mulut. Masa tingkat keasaman mulut meningkat, bakteri tumbuh subur. Dengan kata lain, rongga mulut kita lebih rentan terhadap bakteri selama puasa.

Menurut dr. Syahrial M. Hutahuruk, SpTHT-KL – PERHATI-KL, “berkurangnya jumlah air liur itu sebab asupan cairan ke dalam awak selama puasa berkurang secara dramatis. Padahal lapisan air liur tersebut sedianya dipakai untuk melawan kuman. Karenanya selama puasa, kita wajib lebih cermat dalam mengonsumsi sasaran demi menjaga kondisi flora kuman baik yang normal terdapat pada dalam mulut. ”

Syahrial kemudian membagikan lima kiprah mudah untuk menjaga kesehatan sombong sekaligus menghindari gangguan tenggorok, yakni:

1. Mengonsumsi cukup air putih.
2. Mengurangi makanan berminyak, berlemak, dan tinggi kadar gula.
3. Mengasup pola makanan dengan gizi berimbang.
4. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
5. Memastikan kebersihan mulut selalu terjaga.

DepositPhotos

DepositPhotos

Edukator dan Trainer dari Mundupharma, Merry Sulastri menambahkan, salah satu cara buat menjaga kebersihan mulut dan tenggorok yakni melakukan gargle atau berkumur.

Sebuah riset sejak dermatologis yang dirilis pada 2002 menyebut, melakukan gargle selama 30 detik menggunakan cairan antiseptik Povidone-Iodine dapat menjaga flora normal kawasan rongga mulut dan tenggorok.

“Saya merekomendasikan Anda mengabulkan gargle setidaknya 2 kali sehari yakni saat sahur (setelah makan) dan sebelum tidur, ” ujar Merry.

Rekomendasi