Covid-19 di Jakarta Melonjak, Tersebut Kriteria Prioritas Pasien yang Bisa Dirawat di RS

TABLOIDBINTANG. COM – Kasus positif Covid-19 pada Jakarta masih tinggi. Keadaan Sabtu (26/6) kemarin nilai kasus positif mencapai 9. 271 orang. Meningkatnya peristiwa positif ini berpengaruh pada okupansi tempat tidur panti sakit (RS) untuk pembelaan pasien Covid-19.

“Perlu diketahui bahwa tidak semua penderita Covid-19 harus dirawat di RS. Kementerian Kesehatan juga telah melahirkan kriteria prioritas pasien yang bisa dirawat di RS, utamanya yang bergejala cukup, berat, dan kritis. Sementara yang bergejala ringan, bagaikan batuk, pilek, sakit kepala, radang tenggorokan, tidak penuh napas, maupun yang minus gejala, bisa menjalani isolasi mandiri saja di rumah atau fasilitas isolasi terarah, ” unar Kepala Biro Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Sabtu (26/6).

Kriteria prioritas anak obat yang perlu dirawat di RS, antara lain bila saturasi oksigen berada pada bawah 95%, mengalami sesak napas, kesulitan/tidak dapat berbahasa, penurunan kesadaran, terdapat komorbid, dan bergejala sedang secara pneumonia. “Masyarakat sebaiknya tak panik saat dinyatakan positif Covid-19. Segera lapor ke Satgas Covid-19 tingkat RT dan Puskesmas terdekat biar dapat dilakukan pemeriksaan pokok dan diberikan pengantar semasa memerlukan isolasi terkendali, ” tuturnya.

“Kenali juga gejala pada awak masing-masing. Jika kondisi sedang dalam skala tidak mengandung, cukup menjalani isolasi sendiri atau isolasi di sarana isolasi terkendali, tidak menetapkan dirawat di RS, ” imbuhnya.

Widyastuti menyatakan, saat ini sebanyak 140 RS di daerah DKI Jakarta telah menyelenggarakan pasien Covid-19. Dari 140 RS terdapat RSUD/RSKD pada bawah Pemprov DKI Jakarta yang seluruhnya telah menyelenggarakan Covid-19. “Kami akan tetap berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan tubuh dan fasilitas kesehatan untuk menambah jumlah tempat rebah perawatan Covid-19 di Jakarta, ” tambahnya. Widyastuti meyakinkan, ketersediaan oksigen masih aman di DKI Jakarta. Demikian pula dengan kesiapan obat-obatan.

Sumber: beritajakarta. id.