Cara Mudah Menanam Tanaman Rambat di Taman Rumah

Memilki tanaman rambat vertikal dan horizontal di taman rumah rumah memang menjadi pemandangan yang indah. (Pexels)

TABLOIDBINTANG.COM¬†–¬†Memilki tanaman rambat vertikal dan horizontal di taman rumah rumah memang menjadi pemandangan yang indah. Apalagi jika Anda memiliki rumah minimalis, tentu saja membuat rumah semakin terlihat alami dan hijau. Namun terkadang tanaman rambat tumbuh kurang subur, berdaun tidak lebat atau cepat layu. Tentu saja ini membuat usaha menanam menjadi sia-sia.

Untuk menghindari permasalahan ini, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menanam dan merawat tanaman rambat di taman rumah.

1. Tentukan lahan yang tumbuh dan media tanam
Agar tanaman rambat bisa menghiasi bidang tumbuh yang Anda inginkan, pastikan untuk meletakkan media tanam sedekat mungkin dengan bidang tumbuh. Letakkan media tanam berupa tanah dan humus di sekitar dinding pagar, agar tanaman bisa menggunakan dinding pagar dan langsung sebagai tempat merambat.

2. Tentukan jarak taman
Untuk dapat tumbuh optimal, tanaman rambat perlu mendapatkan kecukupan zat hara dari media tanam. Untuk menjaga kecukupan zat hara ini, jarak tanam antar tumbuhan juga harus diperhatikan agar nantinya tidak terjadi defisensi zat hara pada salah satu tanaman.

3. Tentukan jenis tanaman sesuai lokasi
Tanaman rambat juga memiliki berbagai karakteristik, terutama kebutuhan akan sinar matahari. Jika Anda akan menggunakan tanaman jenis ini sebagai tanaman peneduh untuk carport atau pergola, pastikan untuk memilih tanaman yang tahan terhadap sinar matahari terik misalnya tanaman alamanda, mandevilla, atau thunbergia. Untuk tanaman dinding atau pagar dapat dipilih dolar rambat, lee kwan yee ataupun petrea biru.

4. Berikan media rambatan
Sesuai dengan jenisnya, tanaman rambat memerlukan media untuk berpegang dan proses perambatan. Untuk aplikasi sebagai penutup dinding, diawal pertumbuhan tanaman rambat perlu diberikan media rambat berupa kayu atau sebilah bambu agar mampu tanaman bisa berpegang. Setelah mulai cukup tinggi, tanaman bisa mulai diarahkan perambatannya ke media dinding.

5. Rawat secara rutin
Meskipun sebagian tanaman rambat mudah untuk ditanam, tetaplah Anda harus merawat secara rutin untuk menjaga nutrisi untuk pertumbuhan. Gunakan pupuk daun sebulan sekali dengan cara ditaburkan pada sekitar tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sehati sekali pada pagi maupun sore hari.

Rekomendasi