3 Tipe Orang yang Memiliki Niat Bunuh Diri

3 Tipe Orang yang Memiliki Kecenderungan Bunuh Diri

presi dapat menjelma sebab utama mengapa seseorang kesudahannya memutuskan untuk bunuh diri. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM – Bagaimana sebetulnya ciri-ciri orang yang mempunyai kecenderungan bunuh diri? Bisakah kita mengenalinya dan melakukan antisipasi sedini mungkin?

Psikolog klinis dewasa dari Pusat Informasi dan Diskusi Tiga Generasi, Anna Margaretha Dauhan, menyebutkan bahwa menurut Alex Lickerman (2010), kecenderungan untuk perilaku pati padam diri biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami:

1. Gangguan Depresi

Kemerosotan dapat menjadi sebab utama mengapa seseorang akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. “Perasaan tidak berdaya, tak ada harapan, tidak berarti serta kesedihan yang mendalam biasanya menjelma tanda dari gangguan depresi itu, dan mendorong adanya keinginan buat bunuh diri, ” papar Anna.

2. Usikan Psikotik

Kekacauan psikotik atau gangguan jiwa dapat menjadi sebab seseorang melakukan bunuh diri. Halusinasi yang dialami oleh penderita gangguan mental psikotik kadang-kadang berupa suara-suara yang memberi suruhan untuk bunuh diri.

3. Impulsif

“Pada beberapa kejadian, dalam waktu seseorang sedang mabuk mengandung atau berada di bawah efek obat-obatan terlarang, terdapat dorongan impulsif untuk mengakhiri hidupnya. Dorongan ini biasanya mereda pada waktu buah alkohol atau obatan-obatan telah hilang, ” jelas Anna.

4. Crying for Help

Dorongan atau daya bunuh diri terkadang bukan berarti bahwa seseorang ingin benar-benar menuntaskan hidupnya, tetapi upaya untuk meminta pertolongan karena merasa tak terang lagi bagaimana harus mengelola piawai yang menyakitkan dalam dirinya.

“Upaya bunuh diri itu dapat dilakukan karena balas dendam dan bentuk pembalasan terhadap seseorang yang telah menyakiti mereka, maupun sebagai upaya akhir untuk mengakhiri pengalaman menyakitkan yang dialami, ” tutup Anna.

Rekomendasi